Sang Hobbit (Bahasa Inggris:The Hobbit) adalah sebuah buku novel fantasi yang ditulis oleh J. R. R. Tolkien dengan alur cerita laksana dongeng.

merupakan prequel dari Trilogy The Lords of The Rings yang bercerita tentang petualangan Bilbo Baggins (Hobbit) bersama 12 kurcaci serta sang penyihir Gandalf The Grey…., mereka semua bertualang untuk mencari harta karun warisan lelehur Thorin Oakenshield (Pemimpin Kurcaci) yang dijaga oleh sang naga di pegunungan sepi (Lonely Mountain)…..

Sebelum mencapai Lonely Mountain…. , halangan dan hambatan selalu menyergap Bilbo dan kawan2, dari mulai hadangan Orc,Warg (serigala yg berbicara),wolf, laba - laba , peri hutan sampai hadangan “seekor” Gollum yang bernama Smeagol..

Di tengah perjalanan, Bilbo menemukan suatu cincin yang mempunyai kekuatan jahat (cincin ini kelak menjadi dasar cerita pada trilogy The Lord Of The Rings) , bila memakai cincin ini maka si pemakainya dapat menghilang, ini pula yang dilakukan Bilbo ketika melarikan diri dari kejaran Gollum.

Klimaks dari cerita ini terjadi ketika Bilbo dkk mendekati Gunung Lonely Mountain, Bilbo dkk sempat dikejar-kejar oleh sang naga, pengejaran berakhir ketika Bilbo dkk menemukan gua rahasia…. Sehingga mereka dapat sembunyi….,.sang naga akhirnya frustasi dan marah, sehingga dia memusnahkan kota manusia (lupa nama kotanya) yang dekat dengan lonely mountain, walaupun seluruh kota hancur, naga dapat dikalahkan berkat tusukan anak panah milik Bard, nah Bard dan seluruh manusia sangat geram dan mereka menyangka bahwa Bilbo dkk telah menunjukan letak kota tsb kepada sang naga, sehingga manusia pun berencana membalas dendam dan mulai bergerak dengan pasukannya ke pegunungan sepi, sementara itu Bilbo dkk sangat girang karena naga dapat dikalahkan sehingga mereka dapat menikmati sepuas – puasnya harta yang ada pada gunung tersebut.

Nah bersamaan dengan itu ORC, warg dan peri hutan telah mendengar jatuhnya sang naga, sehingga mereka bersama pasukannya mulai bergerak untuk mengambil harta itu. Maka meletuslah pertempuran 5 pasukan (Manusia, Orc, Warg, Peri Hutan dan Para kurcaci) utk merebutkan harta peninggalan sang naga …., ketika mereka saling berperang. Gandalf The Grey sang penyihir mengingatkan kepada Kurcaci, Manusia, Peri Hutan bahwa Ada yang lebih penting daripada harta…., yaitu kekejaman para ORC & WARG yang pasukannya terus bertambah.

ORC dan WARG disamping ingin merebut harta, mereka juga berniat menghabisi bangsa manusia, peri dan kurcaci…., nah ketika peri, kurcaci dan manusia menyadari hal ini… mereka mulai sadar dan akhirnya bergabung menjadi satu pasukan…. Tapi sayang korban telah banyak berjatuhan…. Manusia, peri dan kurcaci mulai kewalahan apalai pasukan ORC dan WARG terus berdatangan…., di tengah2 pertempuran yang berkecamuk…. GANDALF berusaha mencari bala bantuan, dan dengan negosiasi yg a lot dia berhasil memanggil pasukan Elang yang dulu ketika dalam perjalanan menuju gunung sepi pernah ditolong oleh Bilbo, nah dengan alasan balas budi Elang akhirnya turut berperang dan kekuatanpun menjadi seimbang,

Tapi lama kelamaan Orc & Warg kewlahan karena mereka tidak mengantisipasi adanya serangan dari udara…. Mereka kesulitan untuk melumpuhkan serangan2 dari para elang… nah singkat cerita Orc & Warg berhasil kalah, bahkan karena mengerahkan seluruh kekuatan…. Mereka hampir dinyatakan punah.



Download Ebook (PDF)
The Hobbit - Versi Indonesia
The Hobbit (556KB) - English Version

Sumber : http://id.wikipedia.org


6 komentar :

 
Top