Ibukota Jakarta masih menjadi salah satu tujuan utama berwisata dikala musim liburan tiba. Dengan segala kesemrawutannya yang ada, Jakarta terutama kawasan terluarnya, masih dianggap memiliki daya tarik wisata tersendiri. Beberapa kawasan peri-peri Jakarta seperti Kepulauan Seribu atau Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan kawasan yang masih dianggap ideal untuk berlibur karena bisa ditempuh dengan waktu yang singkat mengingat jaraknya yang cukup dekat dari pusat kota.


Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan tertua yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di pinggiran Jakarta. Pelabuhan Sunda Kelapa ini merupakan objek wisata yang bisa dikatakan mempunyai 2 manfaat didalamnya, yaitu tempat untuk berlibur dan juga yang tidak kalah pentingnya yakni sebagai objek wisata sejarah.

Sunda Kelapa ialah pelabuhan paling penting dimasa Kerajaan Sunda. Pelabuhan ini sempat menjadi perebutan antara Kerajaan Sunda dengan kolonial dari Eropa karena letaknya yang sangat strategis sebagai pelabuhan yang ramai disinggahi oleh para pedagang dari berbagai negara. Dulunya, Pelabuhan Sunda Kelapa juga merupakan pusat perdagangan rempah-rempah terbesar di Asia Tenggara bahkan di Benua Asia.



Sejak abad ke-5 hingga abad ke-20 nama Pelabuhan Sunda Kelapa sering berganti-ganti. Namun akhirnya, pada masa Orde Baru pelabuhan ini kembali menggunakan nama Pelabuhan Sunda Kelapa.

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal besar yang bersandar, dimana Anda yang berkunjung kesini akan menemukan banyaknya kapal-kapal yang berlabuh dan berlalu-lalang. Seperti apa daya tarik dan gambaran detil dari pelabuhan yang menjadi kebanggaan warga Jakarta ini?

Walaupun sebuah pelabuhan, namun para wisatawan yang berkunjung kesini akan diberikan suguhan pemandangan yang indah dan menarik. Objek wisata Pelabuhan Sunda Kelapa ini dapat memberikan kesan dan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan objek wisata yang lainnya yakni kental dengan nuansa dan pernik tempo dulu. Dan berikut merupakan alasan kuat mengapa mengunjungi Sunda Kelapa disebutkan sangat kental dengan aspek dan nuansa tempo dulunya.

  1. Para wisatawan yang berkunjung kesini akan disuguhi pemandangan berupa kegagahan Kapal Phinisi atau Bugis Schooner. Kapal Phinisi merupakan salah satu bukti sejarah dari cikal bakal terbentuknya Kota Jakarta disamping dari desa-desa yang berada di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa sendiri. Kapal ini memiliki keunikan dan ciri khasnya yaitu pada salah satu ujungnya terlihat meruncing, kemudian juga adanya corak yang berwarna warni dibagian dinding kapalnya.
  2. Tidak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa terdapat bangunan atau gedung-gedung peninggalan sejarah yang berarsitektur indah dan mempunyai ciri khas yang kental dengan nuansa masa lampau seperti Museum Bahari. Museum tersebut menampilkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan dunia kemaritiman Indonesia pada masa silam seperti replika dari kapal-kapal dan peralatan yang digunakan, gambar-gambar atau foto-foto yang menggambarkan suasana pelabuhan di masa lampau.
  3. Peninggalan sejarah lainnya yang tidak kalah penting dan menarik yaitu bangunan yang merupakan bekas galangan kapal hingga gedung-gedung peninggalan VOC pada zamannya. Bangunan ini masih dipertahankan dalam bentuk arsitektur aslinya. Dulunya bangunan ini digunakan untuk memperbaiki kapal-kapal yang rusak.

Selanjutnya, para wisatawan yang datang kesini akan diberikan pemandangan panorama keindahan pelabuhan dikala matahari terbenam (sunset) yang terjadi pada sore hari. Kebanyakan para wisatawan menunggu momen ini.
Dikala sunset datang, akan banyak para wistawan yang memotret untuk mengabadikan momen tersebut atau hanya untuk melihat keindahan dikala matahari terbenam. Selain itu, disini juga para wisatawan bisa melihat aktivitas pembongkaran berbagai hasil bumi di Indonesia seperti bongkar muat kayu, rotan, kopra, dan hasil bumi lainnya dengan cara-cara yang masih tradisional.




Lokasi Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa yang mempunyai luas daratan 760 hektar serta luas perairannya mencapai16.470 hektar berada di ujung sebelah utara Kota Jakarta yaitu daerah Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Baruna Raya, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.

Pelabuhan Sunda Kelapa tidak jauh dari kawasan bersejarah lainnya yaitu Kota Tua Jakarta. Pokoknya berlibur di Objek Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa tidak akan menyesal. Disamping jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta, Objek wisata ini juga akan memberikan sensasi keindahan dan liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

0 komentar :

Post a Comment

 
Top